Minggu, 17 Maret 2013

BAPPEDA

Diposting oleh Unknown di 21.06


Apa itu BAPPEDA ?

        Bappeda adalah kependekan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah yang memiliki tugas pokok Melaksanakan Penyusunan dan Pelaksanaan Kebijakan Daerah di Bidang Perencanaan dan Penelitian Pembangunan Daerah Serta Penyiapan Bahan Perumusan Kebijakan Umum Pemerintahan Daerah di Bidang Perencanaan Pembangunan Daerah.

Dimanakah Letak Kantor BAPPEDA Kabupaten Cianjur ?
        Kantor Bappeda Kabupaten Cianjur terletak di :
Jalan Raya Bandung No.65 Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur.

1.                   Sejarah BAPPEDA

                Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dibentuk berdasarkan kebutuhan, perkembangan dan kemajuan di Bidang Pemerintahan serta kemajuan teknologi dewasa ini, dalam rangka membantu pemerintah daerah melaksanakan pembangunan, khususnya di Bidang Pemerintahan.
Maka diperlukan suatu lembaga atau badan yang berfungsi sebagai pengatur perencanaan daerah.
             Berdasarkan hal tersebut, rencana/pengembangan pembangunan wilayah Kabupaten Daerah Tk. II Cianjur melalui Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tk. I Jawa Barat, melalui Bupati Daerah Tk. II Cianjur tanggal 14 Maret 1972 No. 12/1/SK/NUK/72 tentang: “Pembentukan Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten (BAPPEMKA)”.
                    Kebutuhan akan perencanaan pembangunan baik untuk daerah Tk. I maupun daerah Tk. II mendapatkan tanggapan positif.  BAPPEMKA sebagai perencana membantu dalam bidang perencanaan di daerah.
                    Kemudian nama BAPPEMKA di ubah menjadi BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) melalui Keppres No. 27 th 1980 tentang “Pembentukan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA)”.
                Sebagaimana ditugaskan dalam Undang-undang No. 5  th 1947 tentang pokok-pokok pemerintahan daerah bahwa setiap wilayah mempunyai tugas memimpin dan mengawasi penyelenggaraan pemerintah daerah, mengkoordinasikan perencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta membina kehidupan masyarakat dalam segala bidang.
Bidang-bidang pekerjaan yang ada di kantor BAPPEDA kabupaten Cianjur diantaranya :
1.   1.      Bidang  Sekretariat
2.   2..    Bidang penelitian dan Pengembangan (Litbang)
3.   3 .    Bidang Perencanaan Pembangunan  Perekonomian
4.   4.      Bidang Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat (Pemumkesra)
5.   5.     Bidang Perencanaan Pembangunan Fisik Dan Pengembangan Prasarana
6.   6.Kelompok Pejabat Fungsional

0 komentar:

Posting Komentar

 

Fun and Licious Blog Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review